Dalam belajar mengajar hal yang terpenting adalah proses, karena
proses inilah yang menentukan tujuan belajar akan tercapai atau tidak tercapai.
Ketercapaian dalam proses belajar mengajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku tersebut baik yang menyangkut perubahan bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif).Dalam proses belajar mengajar ada banyak faktor yang mempengaruhi tercapainaya tujuan pembelajaran diantaranya pendidik, peserta didik, lingkungan, metode/teknik serta media pembelajaran. Pada kenyataannnya, apa yang terjadi dalam pembelajaran seringkali terjadi proses pengajaran berjalan dan berlangsung tidak efektif.
Banyak waktu, tenaga dan biaya yang terbuang
sia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat tercapai bahkan terjadi noises
dalam komunikasi antara pengajar dan pelajar. Hal tersebut diatas masih sering
dijumpai pada proses pembelajaran selama ini.
Dengan adanya media pembelajaran maka tradisi lisan dan tulisan
dalam proses pembelajaran dapat diperkaya dengan berbagai media pembelajaran.
Dengan tersedianya media pembelajaran, guru pendidik dapat menciptakan berbagai
situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dalam situasi
yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat diantara peserta
didik. Bahkan alat/media pembelajaran ini selanjutnya dapat membantu guru membawa
dunia luar ke dalam kelas. Dengan demikian ide yang abstrak dan asing (remote)
sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bila
alat/media pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan proforsional,
maka proses pembelajaran akan dapat berjalan efektif.
0 komentar:
Posting Komentar